Mulai dari Smart Farm

Posted by     "Voltunes" on Sunday, September 18, 2022

Mulai dari Smart Farm

screenshot Akhir-akhir ini smart farming menjadi topik yang sering digaungkan oleh banyak pihak dalam bidang pertanian dan peternakan. Smart farming sendiri adalah pemanfaatan teknologi Internet of Things dalam mengoperasikan teknologi pertanian atau peternakan untuk menunjang jalannya proses produksi. Melalui smart farming semua teknologi pertanian atau peternakan dapat berjalan secara otomatis dan terstruktur.

Penerapan metode smart farming bukan sekedar tentang pengaplikasian teknologi dalam menjalankan proses produksi. Lebih dari itu, kunci utama dari metode ini adalah pemanfaatan data yang terukur untuk melakukan pengambilan keputusan terhadap ternak. Apa yang dibutuhkan ternak untuk mencapai hasil produksi yang optimal? Apa yang harus dilakukan pada ternak dalam menghadapi suatu kondisi? Semua pertanyaan ini bisa dijawab dengan penerapan metode smart farming.

Smart farming melibatkan beberapa komponen teknologi untuk membentuk ekosistem di dalamnya. Beberapa diantaranya meliputi teknologi internet of things, artificial intelligence, human machine interface, dan teknologi robotik & sensor.

Komponen pembentuk smart farming nantinya akan memberikan pemantauan terhadap data kondisi kandang seperti suhu, kelembaban, kadar udara, kandungan amonia, intensitas cahaya, dan pemantauan tumbuh kembang ternak. Selain memberikan pemantauan data, teknologi ini juga memungkinkan peternak untuk mengontrol kondisi kandang secara lebih terstruktur berdasarkan data yang ada di lapangan.

Data terkait kondisi kandang yang terukur memberikan peluang pada peternak untuk lebih mengoptimalkan hasil produksinya. Tingkat mortalitas ternak akan berkurang dengan pemberian pakan & minum yang lebih sesuai, kandungan amoniak ternak akan berkurang dengan kondisi kandang yang lebih nyaman, dan yang lebih penting kualitas dari ternak akan meningkat sesuai dengan harapan peternak.

Selain itu peternak dapat lebih mengoptimalkan kinerja sumber daya kandang dengan peningkatan kualitas dan efisiensi tenaga kerja. Nantinya tenaga kerja tidak akan menjalin kontak dengan ayam secara langsung, melainkan hanya melalui sentuhan dari layar handphone.

Apabila dibandingkan dengan metode peternakan tradisional, smart farm memiliki keunggulan yang memberikan level-up pada industri peternakan. Pemantauan kondisi secara real time memberi data yang lebih spesifik dan memungkinkan penangan yang sesuai. Pemanfaatan mesin-mesin yang berjalan secara otomatis juga memungkinkan peningkatan kapasitas produksi dalam skala yang lebih besar. Tak cukup sampai disitu, smart farm juga turut berperan dalam menjaga keseimbangan iklim melalui kadar buangan limbah yang lebih sedikit.

Memang masih banyak pihak di Indonesia yang masih mengandalkan bentuk peternakan secara tradisional karena lebih praktis dan hemat biaya. Namun, bukan berarti smart farm tidak bisa dicoba karena penerapan smart farm bisa dimulai dari teknologi yang paling sederhana.

Sebagai jawaban dari implementasi Smart Farm, Voltunes hadir dengan berbagai kemudahan untuk memenuhi kebutuhan peternak. Pemantauan data secara real time, pembagian timeline tenaga kerja, penyusunan anggaran kandang, dan jual beli kebutuhan kandang kini hadir menjadi satu dalam sebuah aplikasi. Melalui proses pengembangan bersama dengan peternak, Voltunes diharapkan mampu menjadi mitra bagi peternak lain di Indonesia. Mulai Smart Farm milikmu dengan Voltunes!

VOLTUNES

真诚赞赏,手留余香

使用微信扫描二维码完成支付