Sekilas tentang Ayam Broiler di Indonesia

Posted by     "Voltunes" on Saturday, September 17, 2022

Sekilas tentang Ayam Broiler di Indonesia

screenshot Ayam broiler adalah jenis ayam ras unggul hasil persilangan antara bangsa ayam cornish dari Inggris dengan ayam white plymouth rock dari Amerika. Sebenarnya “ayam Broiler” merupakan istilah asing yang merujuk pada cara memasak ayam di negara-negara barat. Hingga kini belum ada istilah yang tepat untuk menggantikannya, serupa halnya dengan kesulitan untuk mengganti istilah “ayam kampung” untuk salah satu jenis ayam buras.

Jenis ayam broiler mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia menjelang tahun 1980-an. Sebenarnya ayam broiler sudah diketahui sejak tahun 1960-an ketika peternak mulai memeliharanya, namun saat itu masyarakat umum masih belum menyukai ayam broiler karena sudah terbiasa dengan ayam kampung. Semula, ayam yang dipotong adalah ayam petelur seperti ayam white leghorn jengger tunggal. Peternak ayam broiler yang baru membuka usahanya menjadi prihatin dan mengalami kerugian. Hingga pada akhir periode 1980-an, pemegang kekuasaan mencanangkan penggalakan konsumsi daging ayam untuk menggantikan atau membantu konsumsi daging ruminansia yang saat itu semakin sulit keberadaannya. Kondisi pun berbalik, kini banyak peternakan ayam broiler bangkit dan peternak musiman bermunculan seiring meningkatnya permintaan akan ayam broiler. Dari sinilah, ayam broiler komersial atau broiler final stock mulai dikenal dan secara perlahan terus diterima orang sebagai ayam konsumsi.

Ayam telah dikembangkan sangat pesat di setiap negara. Indonesia sendiri memiliki usaha ternak broiler yang mudah dijumpai hampir di setiap provinsi. Beternak ayam telah memberi kontribusi yang besar pada pendapatan asli daerah, penyerapan tenaga kerja, menambah produktivitas masyarakat, dan tentu saja hasil utamanya berupa daging ayam yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dengan protein hewani. Kekaguman orang dan minat pemodal semakin tergugah setelah mengetahui bahwa ayam broiler dapat dijual sebelum umur 8 minggu karena pada umur tersebut bobot tubuhnya hampir sama dengan tubuh ayam kampung berumur sekitar satu tahun. Masyarakat pun jadi mengenal ayam broiler sebagai ayam pedaging saingan baru ayam kampung dengan rasa khasnya yang empuk dan berdaging banyak.

VOLTUNES

真诚赞赏,手留余香

使用微信扫描二维码完成支付